Tuesday, November 25, 2008

deja vu

Lagi mumet kerja gn iseng2 baca blog suamiku yg di FS jd serasa Deja Vu. Seolah2 yg kualami sekarang seperti sudah kualami sebelumnya (padahal emang iya :D) walo beda tempat tp tokoh dan peristiwa serupa. Gmn ga ngerasa gt, sekarang aku n suami jauh2an lg, suami kuliah di JKT sedang mama n rafi di MKS. Pisahnya jg pas kebetulan aku sedang hamil gn jd persis..sis..sis..

Dulu kita sepakat buat blog biar bisa saling tau perkembangan masing2, dr kejadian yg bikin bahagia atopun sedih ampe yg ga gt penting sekalipun semuanya dituangin dalam blog. Jd ga heran kalo tema postingan sering mengikuti suasana hati apalagi kalo lg kangen ato abis berantem gitu. Pertama kali yg ngajakin ngeblog seh suami, dia bikin blognya di FS duluan. Jadi inget dulu aku sering ngeledekin tulisan2nya kayak Bunga Cinta Kami…. ato yg ini neh favoritku (buat ledek2an) Seikat Cinta Untuk Istriku…. , ampe suami keki padahal sebenernya aku suka kalo dia lg gn so sweet gituloh.. hehe..

Lama2 kita pada bikin blog masing2 di blogspot, tp sayang sekarang blog kita dah jarang keurus. Sejak awal kehamilan kemaren aku dah ga mood buat nulis, papa jg gitu sejak kuliah malah tambah super sibuk bahkan lebih sibuk dr kerja, ampe telponan pun yg udah banjir tarif murah gn kadang sehari ga sempet :( weekend pun dia masih berkutat diperpustakaan kampus buat ngerjain tugas :( sebel tapi lebih kasian jg seh ama suami.

Jujur di awal2 suami mau kuliah masih ada perasaan ga ikhlas, pikiran masih jelek kok suami tega sih lebih pilih kuliah daripada keluarganya, tapi sekarang aku dah bener2 ikhlas kok lagian yg dia lakuin jg demi masa depan keluarga demi mama n rafi serta adek2nya jg hasilnya nanti insya Allah.. Sekarang aku cm bisa doain moga kuliahnya cepet kelar n dapet nilai yg memuaskan biar kerja kerasnya ga sia2. Miss u papa..

Thursday, November 20, 2008

Inisiasi Menyusui Dini

Cuma mau forward email dr temen sapa tau ada yg berminat baca nambah2 pengetahuan, buat yg udah di skip aja dee..

Hari Minggu kemarin, 6 April 2008, aku ada acara di RS St. Carolus, dan sebagai bagian dari acara itu ada talk show mengenai "Inisiasi Menyusui Dini" Dan aku belajar banget dari talk show ini .. Mohon maaf kalau cerita ini tidak berkenan, karena menurut aku ini penting dan perlu disharing, maaf kalau ada yang berpandangan kalau ini cerita tabu.

Apa sih Inisiasi Menyusui Dini ??
Ini merupakan proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah lahiran. Ternyata selama bertahun-tahun, kita bener-bener merupakan kodrat dan anugrah dari Tuhan yang sudah disusun untuk kita.

Kata dokter yang kemaren berbicara, dia mengatakan, di luar sudah sadar hal ini sejak 1987 tp di Indonesia baru sadar thn 2006. Lebih baik baru tahu daripada tidak sama sekali.

Si Dokter menceritakan bagaimana proses inisiasi menyusui dini ternyata merupakan proses alami yang seharusnya dilakukan setelah seorang ibu melahirkan bayinya. Dia menceritakan dan bahkan memutarkan video yang dia buat terhadap cucunya sendiri dan juga seorang bayi lainnya. Dia bercerita, bahwa ternyata ada beberapa hal yang akan terjadi selama proses ini, dan ini juga tergambar dalam video yang diputar.

Jadi si Dokter ini menjelaskan bahwa pada saat proses Inisiasi Menyusui Dini akan terjadi tahap2 spt ini (berdasarkan penelitian Ilmiah):

  1. Sesaat setelah lahiran sehabis ari-ari dipotong, bayi langsung diletakan di dada si ibu tanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya, kulit ketemu kulit. Ternyata suhu badan ibu yang habis melahirkan 1 derajat lebih tinggi. Namun jika si bayi itu kedinginan, otomatis suhu badan si ibu jadi naik 2 derajat, dan jika si bayi kepanasan, suhu badan ibu akan turun 1 derajat. Jadi Tuhan sudah mengatur bahwa si ibu yang akan membawa si bayi beradaptasi dengan kehidupan barunya. Setelah diletakkan di dada si ibu, biasanya si bayi hanya akan diam selama 20-30 menit, dan ternyata hal ini terjadi karena si bayi sedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan.
  2. Gerakan kedua yang terjadi yaitu, setelah si bayi merasa lebih tenang, maka secara otomatis kaki si bayi akan mulai bergerak-gerak spt hendak merangkak. Ternyata gerakan ini pun bukanlah gerakan tanpa makna karena ternyata kaki si bayi itu pasti hanya akan menginjak2 perut ibunya di atas rahim. Gerakan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan si ibu. Lama dari proses ini tergantung dari si bayi. Untuk gerakan ini, ternyata si dokter punya pengalaman. Pernah ada dukun beranak melakukan proses melahirkan, dan ternyata si ibu mengalami pendarahan hebat. Pada saat itu si dukun meletakkan anaknya di dada si ibu, dan anak tersebut menggerak-gerakkan kakinya memasage perut ibunya bahkan lebih dari satu jam, sampai pendarahan si ibu berhenti.
  3. Setelah melakukan gerakan di kakinya, si bayi akan melanjutkan dengan mencium tangannya, ternyata bau tangan si bayi sama dengan bau air ketuban. Dan ternyata wilayah sekitar putiing si ibu itu juga memiliki bau yang sama, jadi dengan mencium bau tangannya, si bayi membantu si bayi untuk mengarahkan kemana dia akan bergerak. Dia akan mulai bergerak mendekati puting ibu denga ketika sudah mendekati puting si ibu, si bayi itu akan menjilat2 dada si ibu. Ternyata jilatan ini berfungsi utk membersihkan dada si ibu dari bakteri2 jahat dan begitu masuk ke tubuh si bayi akan diubah menjadi bakteri2 yang baik dalam tubuhnya. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi karena hanya si bayi yang tau seberapa banyak dia harus membersihkan dada si ibu.
  4. Setelah itu, si bayi akan mulai meremas-remas puting susu si ibu yang bertujuan untuk merangsang supaya air susu si ibu segera berproduksi dan bisa keluar. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi itu.
  5. Terakhir baru mulailah si bayi itu menyusu. Mendengar cerita si Dokter ditambah dengan video yang diputarnya, aku ngerasa Amazing... Tuhan memang maha sempurna. Dia sudah menciptakan siklus kehidupan yang begitu indah, namun ternyata diputus oleh manusia selama bertahun-tahun lamanya. Ternyata, walaupun waktu aku melahirkan ada inisialisasi menyusui dini, ternyata langkahnya belum sempurna, karena waktu itu bayi ku cuma melakukan sampai tahap ke 3, yaitu menjilat2 sekitar dada aku.
Si Dokter benar-benar menyarankan audience jika suatu saat akan memiliki anak, untuk meminta kepada rumah sakit yang akan membantu kelahiran supaya diperbolehkan melakukan inisiasi menyusui dini ini minimal 1 jam, karena kelima proses di atas ini bisa berlangsung sekitar 1-2 jam. Beliau juga mengatakan tidak semua RS berani melakukan ini, dan kita sebagai orang tua harus berani meminta ini dilakukan karena ternyata hal ini merupakan siklus kehidupan yang selama ini tidak kita sadari sudah kita putus.

Si Dokter juga mengatakan, bahwa dengan melakukan hal ini, akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit2, kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit2 lainnya. Dikatakan juga menekan angka kematian bayi baru melahirkan sebesar 22%.

Makanya dia benar2 mempromosikan hal ini kepada semua calon ortu.Beliau juga mengatakan, sebuah rumah sakit yang benar-benar mendukung ibu dan anak, maka tidak akan menyediakan ruangan khusus bayi, karena dia mengatakan bahwa dengan memisahkan si ibu dengan si bayi ternyata daya tahan tubuh si bayi akan drop sampai 25%.

Jadi seharusnya tempat bayi adalah di sisi si ibu, 24 jam penuh. Jika ada tindakan memisahkan si ibu dari bayi, maka menurutnya itu adalah tiindakan kriminal. Dan ternyata sebagai RS yang sudah melakukan hal ini, RS Carolus sudah melakukan hal ini (bukan promosi). Tidak ada ruang khusus bayi di Rumah Sakit. Karena ketika si ibu bersama dengan si bayi, daya tahan si bayi akan dalam kondisi prima, dan si ibu bisa melakukan proteksi terhadap si bayi jika memang perlu. Bahkan di RS Carolus tidak ada waktu utk show bayi, karena letak bayi adalah di sisi si ibu. Si dokter mengatakan 95% bayi menangis bukan karena kelaparan, tapi karena dia dipisahkan dari ibunya. Karena berdasarkan penelitian, seorang bayi yang baru lahir, dibekali dari rahim ibunya utk bertahan selama 2-3 hari tanpa makanan. Jadi jangan pernah minta diberikan susu formula untuk si bayi, walau air susu ibu belum keluar.

Aku benar-benar terpukau denger cerita ini. N ini benar-benar pengalaman baru buat aku, dan benar-benar menambah pengalaman utk masa depan aku. N aku juga sempet ngerasa berdosa banget ama anakku, karena walau aku sering minta anakku di bawa ke ruangan, ada jam2 tertentu di mana bayiku aku letakkan di ruang bayi. Maaf ya anakku..
So buat temen-temen yang memang mau mempunyai anak, cucu ataupun keponakan, sharing ini semoga bisa menambah wawasan, dan bisa membantu kita mencari yang terbaik buat anak-anak kita. N tolong disharingkan ke orang-orang lainnya, sehingga makin banyak orang yang tau mengenai hal ini. Karena ini adalah keajaiban. Setidaknya buat aku.

Tuesday, November 18, 2008

21 Minggu

Hari Sabtu kemaren mama periksa kandungan di RSIA Bunda. Ini kali pertama mama kesana soalnya rada ga sreg ama dokter yg lama. Mama periksa ama dr. Putra Rimba, namanya keren kan mungkin dulu lahirnya dihutan ato pas bapaknya lg dinas di hutan kali ya.. denger2 dokternya ini bagus jadinya penasaran walo benernya lebih tergoda ama namanya yg nyentrik seh hehe..

Kesan pertama waktu liat orangnya ehm.. kyk bukan dokter! apalagi waktu itu dia lg ga pake seragam putihnya. Gayanya oke seh cowok bgt rada gaul gt pake2 gelang segala trus cukup ramah n enak diajak konsultasi, mama paling seneng kalo periksa ke dokter itu yg enak diajak konsul ga pendiem ato males nerangin jd walo ada yg bilang dokternya ga gt bgs tp kalo dia bs memuaskan mama mksdnya jawabannya pasti mama lgsg sreg. Kayak dokternya Rafi dl yg di Palembang, waktu pertama periksa pasiennya msh dikit soalnya dia jg br pindah dr jakarta, jd mama coba2 aja periksa sm dia ternyata orgnya sangat2 ramah, eh ga taunya pas kemaren mudik lebaran periksa dedeknya Rafi disana pasiennya dah ga karu2an tp mama tetep aja bela2in ngantri demi ketemu pak dokter demi periksa deh.

Alhamdulillah sekarang usia kandungan mama dah 21 minggu dan kondisi bayinya jg bagus. Waktu USG kemaren kelaminnya belum keliatan mgkn dedeknya malu2 jd ditutupin ama kakinya, tp yg penting sehat2 terus dan perkembangannya mudah2an tetap bagus amin. Rencana kalo usia kandungannya dah 24 mingguan mama pinginnya USG 4 dimensi biar bisa lebih jelas liat dedeknya. Doain yah mg lancar2 semuanya ampe melahirkan nanti.