Tuesday, November 25, 2008

deja vu

Lagi mumet kerja gn iseng2 baca blog suamiku yg di FS jd serasa Deja Vu. Seolah2 yg kualami sekarang seperti sudah kualami sebelumnya (padahal emang iya :D) walo beda tempat tp tokoh dan peristiwa serupa. Gmn ga ngerasa gt, sekarang aku n suami jauh2an lg, suami kuliah di JKT sedang mama n rafi di MKS. Pisahnya jg pas kebetulan aku sedang hamil gn jd persis..sis..sis..

Dulu kita sepakat buat blog biar bisa saling tau perkembangan masing2, dr kejadian yg bikin bahagia atopun sedih ampe yg ga gt penting sekalipun semuanya dituangin dalam blog. Jd ga heran kalo tema postingan sering mengikuti suasana hati apalagi kalo lg kangen ato abis berantem gitu. Pertama kali yg ngajakin ngeblog seh suami, dia bikin blognya di FS duluan. Jadi inget dulu aku sering ngeledekin tulisan2nya kayak Bunga Cinta Kami…. ato yg ini neh favoritku (buat ledek2an) Seikat Cinta Untuk Istriku…. , ampe suami keki padahal sebenernya aku suka kalo dia lg gn so sweet gituloh.. hehe..

Lama2 kita pada bikin blog masing2 di blogspot, tp sayang sekarang blog kita dah jarang keurus. Sejak awal kehamilan kemaren aku dah ga mood buat nulis, papa jg gitu sejak kuliah malah tambah super sibuk bahkan lebih sibuk dr kerja, ampe telponan pun yg udah banjir tarif murah gn kadang sehari ga sempet :( weekend pun dia masih berkutat diperpustakaan kampus buat ngerjain tugas :( sebel tapi lebih kasian jg seh ama suami.

Jujur di awal2 suami mau kuliah masih ada perasaan ga ikhlas, pikiran masih jelek kok suami tega sih lebih pilih kuliah daripada keluarganya, tapi sekarang aku dah bener2 ikhlas kok lagian yg dia lakuin jg demi masa depan keluarga demi mama n rafi serta adek2nya jg hasilnya nanti insya Allah.. Sekarang aku cm bisa doain moga kuliahnya cepet kelar n dapet nilai yg memuaskan biar kerja kerasnya ga sia2. Miss u papa..

Thursday, November 20, 2008

Inisiasi Menyusui Dini

Cuma mau forward email dr temen sapa tau ada yg berminat baca nambah2 pengetahuan, buat yg udah di skip aja dee..

Hari Minggu kemarin, 6 April 2008, aku ada acara di RS St. Carolus, dan sebagai bagian dari acara itu ada talk show mengenai "Inisiasi Menyusui Dini" Dan aku belajar banget dari talk show ini .. Mohon maaf kalau cerita ini tidak berkenan, karena menurut aku ini penting dan perlu disharing, maaf kalau ada yang berpandangan kalau ini cerita tabu.

Apa sih Inisiasi Menyusui Dini ??
Ini merupakan proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah lahiran. Ternyata selama bertahun-tahun, kita bener-bener merupakan kodrat dan anugrah dari Tuhan yang sudah disusun untuk kita.

Kata dokter yang kemaren berbicara, dia mengatakan, di luar sudah sadar hal ini sejak 1987 tp di Indonesia baru sadar thn 2006. Lebih baik baru tahu daripada tidak sama sekali.

Si Dokter menceritakan bagaimana proses inisiasi menyusui dini ternyata merupakan proses alami yang seharusnya dilakukan setelah seorang ibu melahirkan bayinya. Dia menceritakan dan bahkan memutarkan video yang dia buat terhadap cucunya sendiri dan juga seorang bayi lainnya. Dia bercerita, bahwa ternyata ada beberapa hal yang akan terjadi selama proses ini, dan ini juga tergambar dalam video yang diputar.

Jadi si Dokter ini menjelaskan bahwa pada saat proses Inisiasi Menyusui Dini akan terjadi tahap2 spt ini (berdasarkan penelitian Ilmiah):

  1. Sesaat setelah lahiran sehabis ari-ari dipotong, bayi langsung diletakan di dada si ibu tanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya, kulit ketemu kulit. Ternyata suhu badan ibu yang habis melahirkan 1 derajat lebih tinggi. Namun jika si bayi itu kedinginan, otomatis suhu badan si ibu jadi naik 2 derajat, dan jika si bayi kepanasan, suhu badan ibu akan turun 1 derajat. Jadi Tuhan sudah mengatur bahwa si ibu yang akan membawa si bayi beradaptasi dengan kehidupan barunya. Setelah diletakkan di dada si ibu, biasanya si bayi hanya akan diam selama 20-30 menit, dan ternyata hal ini terjadi karena si bayi sedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan.
  2. Gerakan kedua yang terjadi yaitu, setelah si bayi merasa lebih tenang, maka secara otomatis kaki si bayi akan mulai bergerak-gerak spt hendak merangkak. Ternyata gerakan ini pun bukanlah gerakan tanpa makna karena ternyata kaki si bayi itu pasti hanya akan menginjak2 perut ibunya di atas rahim. Gerakan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan si ibu. Lama dari proses ini tergantung dari si bayi. Untuk gerakan ini, ternyata si dokter punya pengalaman. Pernah ada dukun beranak melakukan proses melahirkan, dan ternyata si ibu mengalami pendarahan hebat. Pada saat itu si dukun meletakkan anaknya di dada si ibu, dan anak tersebut menggerak-gerakkan kakinya memasage perut ibunya bahkan lebih dari satu jam, sampai pendarahan si ibu berhenti.
  3. Setelah melakukan gerakan di kakinya, si bayi akan melanjutkan dengan mencium tangannya, ternyata bau tangan si bayi sama dengan bau air ketuban. Dan ternyata wilayah sekitar putiing si ibu itu juga memiliki bau yang sama, jadi dengan mencium bau tangannya, si bayi membantu si bayi untuk mengarahkan kemana dia akan bergerak. Dia akan mulai bergerak mendekati puting ibu denga ketika sudah mendekati puting si ibu, si bayi itu akan menjilat2 dada si ibu. Ternyata jilatan ini berfungsi utk membersihkan dada si ibu dari bakteri2 jahat dan begitu masuk ke tubuh si bayi akan diubah menjadi bakteri2 yang baik dalam tubuhnya. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi karena hanya si bayi yang tau seberapa banyak dia harus membersihkan dada si ibu.
  4. Setelah itu, si bayi akan mulai meremas-remas puting susu si ibu yang bertujuan untuk merangsang supaya air susu si ibu segera berproduksi dan bisa keluar. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi itu.
  5. Terakhir baru mulailah si bayi itu menyusu. Mendengar cerita si Dokter ditambah dengan video yang diputarnya, aku ngerasa Amazing... Tuhan memang maha sempurna. Dia sudah menciptakan siklus kehidupan yang begitu indah, namun ternyata diputus oleh manusia selama bertahun-tahun lamanya. Ternyata, walaupun waktu aku melahirkan ada inisialisasi menyusui dini, ternyata langkahnya belum sempurna, karena waktu itu bayi ku cuma melakukan sampai tahap ke 3, yaitu menjilat2 sekitar dada aku.
Si Dokter benar-benar menyarankan audience jika suatu saat akan memiliki anak, untuk meminta kepada rumah sakit yang akan membantu kelahiran supaya diperbolehkan melakukan inisiasi menyusui dini ini minimal 1 jam, karena kelima proses di atas ini bisa berlangsung sekitar 1-2 jam. Beliau juga mengatakan tidak semua RS berani melakukan ini, dan kita sebagai orang tua harus berani meminta ini dilakukan karena ternyata hal ini merupakan siklus kehidupan yang selama ini tidak kita sadari sudah kita putus.

Si Dokter juga mengatakan, bahwa dengan melakukan hal ini, akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit2, kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit2 lainnya. Dikatakan juga menekan angka kematian bayi baru melahirkan sebesar 22%.

Makanya dia benar2 mempromosikan hal ini kepada semua calon ortu.Beliau juga mengatakan, sebuah rumah sakit yang benar-benar mendukung ibu dan anak, maka tidak akan menyediakan ruangan khusus bayi, karena dia mengatakan bahwa dengan memisahkan si ibu dengan si bayi ternyata daya tahan tubuh si bayi akan drop sampai 25%.

Jadi seharusnya tempat bayi adalah di sisi si ibu, 24 jam penuh. Jika ada tindakan memisahkan si ibu dari bayi, maka menurutnya itu adalah tiindakan kriminal. Dan ternyata sebagai RS yang sudah melakukan hal ini, RS Carolus sudah melakukan hal ini (bukan promosi). Tidak ada ruang khusus bayi di Rumah Sakit. Karena ketika si ibu bersama dengan si bayi, daya tahan si bayi akan dalam kondisi prima, dan si ibu bisa melakukan proteksi terhadap si bayi jika memang perlu. Bahkan di RS Carolus tidak ada waktu utk show bayi, karena letak bayi adalah di sisi si ibu. Si dokter mengatakan 95% bayi menangis bukan karena kelaparan, tapi karena dia dipisahkan dari ibunya. Karena berdasarkan penelitian, seorang bayi yang baru lahir, dibekali dari rahim ibunya utk bertahan selama 2-3 hari tanpa makanan. Jadi jangan pernah minta diberikan susu formula untuk si bayi, walau air susu ibu belum keluar.

Aku benar-benar terpukau denger cerita ini. N ini benar-benar pengalaman baru buat aku, dan benar-benar menambah pengalaman utk masa depan aku. N aku juga sempet ngerasa berdosa banget ama anakku, karena walau aku sering minta anakku di bawa ke ruangan, ada jam2 tertentu di mana bayiku aku letakkan di ruang bayi. Maaf ya anakku..
So buat temen-temen yang memang mau mempunyai anak, cucu ataupun keponakan, sharing ini semoga bisa menambah wawasan, dan bisa membantu kita mencari yang terbaik buat anak-anak kita. N tolong disharingkan ke orang-orang lainnya, sehingga makin banyak orang yang tau mengenai hal ini. Karena ini adalah keajaiban. Setidaknya buat aku.

Tuesday, November 18, 2008

21 Minggu

Hari Sabtu kemaren mama periksa kandungan di RSIA Bunda. Ini kali pertama mama kesana soalnya rada ga sreg ama dokter yg lama. Mama periksa ama dr. Putra Rimba, namanya keren kan mungkin dulu lahirnya dihutan ato pas bapaknya lg dinas di hutan kali ya.. denger2 dokternya ini bagus jadinya penasaran walo benernya lebih tergoda ama namanya yg nyentrik seh hehe..

Kesan pertama waktu liat orangnya ehm.. kyk bukan dokter! apalagi waktu itu dia lg ga pake seragam putihnya. Gayanya oke seh cowok bgt rada gaul gt pake2 gelang segala trus cukup ramah n enak diajak konsultasi, mama paling seneng kalo periksa ke dokter itu yg enak diajak konsul ga pendiem ato males nerangin jd walo ada yg bilang dokternya ga gt bgs tp kalo dia bs memuaskan mama mksdnya jawabannya pasti mama lgsg sreg. Kayak dokternya Rafi dl yg di Palembang, waktu pertama periksa pasiennya msh dikit soalnya dia jg br pindah dr jakarta, jd mama coba2 aja periksa sm dia ternyata orgnya sangat2 ramah, eh ga taunya pas kemaren mudik lebaran periksa dedeknya Rafi disana pasiennya dah ga karu2an tp mama tetep aja bela2in ngantri demi ketemu pak dokter demi periksa deh.

Alhamdulillah sekarang usia kandungan mama dah 21 minggu dan kondisi bayinya jg bagus. Waktu USG kemaren kelaminnya belum keliatan mgkn dedeknya malu2 jd ditutupin ama kakinya, tp yg penting sehat2 terus dan perkembangannya mudah2an tetap bagus amin. Rencana kalo usia kandungannya dah 24 mingguan mama pinginnya USG 4 dimensi biar bisa lebih jelas liat dedeknya. Doain yah mg lancar2 semuanya ampe melahirkan nanti.

Friday, October 31, 2008

Rafi mau sholat Ied


Cuma numpang lewat aja mau posting fotonya Rafi waktu lebaran dirumah neneknya yg di Palembang kmrn. Benernya kangen jg pingin sering2 apdet tp berhubung mama skrg sering cepet capek akibat kerjaan tambah banyak jg dan emang ga mood seh buat nulis or edit2 foto padahal fotonya Rafi dah byk bgt siap diorbitkan hehe.. tapi ya gt td msh ga mood gmn dong.. Buat tmn2 yg sering mampir belum sempet mama kunjungin balik maaf banget yaa.. janji deh tar bakalan srg2 nongol lg. miss u all mmuah..

ket foto: Rafi & sepupunya kak Rexi dr Bengkulu


Thursday, August 14, 2008

Maafin Mama..

Alhamdulillah Allah telah memberi kepercayaan lg kpd kami sekeluarga untuk memiliki buah hati. Insya Allah Rafi bakalan punya dedek, usia kandungan mama sekarang kurang lebih dah 2 bulan. Mohon doanya agar semua bisa berjalan lancar sehat selamat sampai melahirkan nanti amin..

Kehamilan kedua ini sangat berbeda dgn yg pertama. Dulu mama hampir ga pernah ngerasain yg namanya ngidam ato morning sick, sekarang ga pagi, siang ampe malem mual berkepanjangan. Makan pun cm indomie ato sambal yg sebenarnya ga baik buat ibu hamil, minum susu yg biasanya doyan sekarang ngeri serasa mau dikasih racun. Sedih banget seharian cm bisa tidur kyk pesakitan, dikantor ga pernah bisa konsen kerjaan kacau balau liat kompi bentar kepala serasa mau pecah oughh bener2 ga berguna ampe beberapa hari ngambil cuti karna ga enak hati.

Semuanya makin terasa berat ketika papa mesti ke Jakarta buat kuliah lg, Impianku untuk bisa hamil deket suami harus berbenturan dgn impian suami yg ingin melanjutkan sekolah lg. Sekian lama deket ama suami ternyata membuatku jd ketergantungan bisa dibilang rapuh mungkin kalo harus dipaksa kembali berjauhan. Rasanya ga adil kalo harus memaksanya untuk menolak beasiswa yg telah diterima, dan lebih ga adil lg ketika suami menuntut pengertian untuk mendukungnya dgn mengorbankan perasaan istri, rasanya seperti dikhianati sakit sekali..

Ga jarang mama jadi sering gampang marah pokoknya sensi bgt terlebih ama papa n rafi, padahal Rafi sekarang lg manja2nya tapi malah selalu mama cuekin dan marahin maafin mama ya nak.. Setidaknya sedikit kesadaran bisa memberikan kekuatan buat berubah. Dah 3 hari ini sejak paparafi ke Jakarta mama dah mulai minum susu efeknya ternyata lbh baik badan terasa lebih kuat ga terlalu lemes walo minumnya msh kyk minum obat. Alhamdulillah makan jg dah mulai bs teratur.

Buat papa..maafin mama karna sering marah ga jelas moga kuliahnya di Jakarta lancar biar cepet selesai mama janji lebih sabar dan ikhlas menerima semuanya. Buat Rafi maafin mama ga bisa sering2 manjain Rafi lg mama janji lebih perhatian lg ama Rafi. Buat dedek maafin mama karena sering mengeluh mama janji bakal jadi ibu yg lebih baik lagi buat kalian berdua.

Wednesday, July 16, 2008

Rafi the Explorer

Rafi punya kebiasaan baru lagi kalo kemaren2 seneng banget pake topi bundernya, sekarang nambah lagi seneng banget pake tas ransel ini. Padahal dulu kalo disuruh bawa tasnya sendiri ga pernah mau selalu dibuang. Sekarang ga pagi, siang, malem ampe mau mimik susu aja kadang tasnya tetep dipake, apalagi kalo ditanya mau kemana Rafi sekolah ya? mesti jd tambah semangat salim mama papanya, sun kiri kanan trus pergi.

Awalnya suka pake tas gini karena pernah nyoba pake ransel papanya, ransel papanya kan besar jadi kalo Rafi yg bawa badannya jadi ditekuk2 gt biar tasnya ga jatuh, lama2 jd bikin khawatir takut kalo badannya jd bongkok. Kalo dikasih tasnya sendiri ga betah bentar aja langsung dibuka lebih seneng pake ransel papanya. Trus kapan hari dapet hadiah dari susunya tas ransel ini, sebelum2nya dah sering dapet ampe byk bgt ada kali selusin tp ga pernah kebagian yg ransel trus akhirnya dapet langsung dicobain Rafi dan Rafinya suka.

Lucunya kalo Rafi pake tas gini jadi mirip ama Dora, kebetulan Rafi jg suka nonton film Dora mungkin jadi terinspirasi ngikutin gayanya si Dora hihihi... Liat aja fotonya Rafi kalo pake ransel dan topinya mirip banget kan ama Dora the Explorer :D

Friday, June 20, 2008

being 28

Enaknya dikasih kado apa ya??

Thursday, June 19, 2008

Aloha.. Topi Saya Bundar

Whuaaaa….udah lama banget rasanya ninggalin blog ini dah kangen pingin nulis dan nyapa temen2 semuanya. Sebelumnya mama minta maaf ya karna ga bisa berkunjung balik ke blog2 kalian semua n thanks bgt atas perhatian dan pengertian temen2 selama ini halah mama sok seleb mode on hihihi… Udah sebulan ini mama keteteran kerjanya soalnya ada temen yg mutasi ke bagian lain jadi kerjaannya skrg mama yg handle, dan parahnya target yg mesti selesai semester 1 ini ckp byk jd ya skrg mama maen kejer2an ama bos, kalo si bos ngejer mama sembunyi, bos sembunyi mama nge-net hehe.. abis dimintain laporannya terus jd cape dee..

Kalo masih ada yg mau denger kabar mama, mama baik2 alhamdulillah cuma sedikit pegel2 selebihnya sehat wal’afiat. Diet mama masih belum berhasil yg ada malah nafsu makan makin besar akibat sering kerja keras hiks.. jadi sering bad mood kasian paparafi jadi korban pelampiasan kalo lg bete :(
Kabar Rafi jg baik2 aja, masih suka maen ama kak Safira. Yg mama heran skrg Rafi jadi pemalu bgt kalo ditegur ama orang2 asing gt langsung nyembunyiin mukanya sambil merem ga mau liat ga tau kenapa. Mama crita ama org2 kantor katanya usia mau ke 2 thn emang gitu anaknya dah bisa malu2 ama org, bener ga seh??

Rafi sekarang lg seneng2nya pake topi bunder ini, padahal ini topi dah lama bgt belinya waktu di Palangka dulu dan jarang jg mama pakein ke Rafi abis jelek Rafi jadi kyk cewek mukanya. Tapi kemaren2 waktu ngacak2 koper nyari tas nemu topi ini mama iseng pakein ke Rafi eh malah ga mau lepas lg nempel terus biar ga kemana2 didalem rumah aja tetep dipake. Sekarang tinggal diajarin nyanyi lagu Topi Saya Bundar aja biar klop
:)

Friday, May 30, 2008

SKJ pertamaku..

Tiap hari Jum’at di kantor biasanya diadain senam pagi, berhubung yg dateng ga terlalu banyak jadi sudah beberapa bulan ini digunakan absen untuk mendata siapa saja yg hadir otomatis yg dateng senam jadi lebih banyak, tapi masih ada jg yg tetap cuek bebek kyk saya ini yg dateng telat lenggang kangkung pake batik dan tetap nuntut dapet jatah sarapan senam apalagi pas sarapannya bubur ayam langsung tancap deh hehehe..

Dihitung2 sejak kerja ini mama baru satu kali ikutan SKJ itupun karena terpaksa disuruh mewakili kantor waktu acara di kantor gubernur Palangka Raya kemaren. Yg bikin tambah males senam jg karena dulu Manager Cabang mama orangnya bukan pecinta olahraga seh jadi pegawai yg dateng senam pagi tiap jumat bisa dihitung itu2 aja orangnya. Sekarang pun jg tetap sama sejak pindah ke Makassar ini satu kali pun mama ga pernah ikutan senam pagi karena emang males dan jg belum sepatu olahraga. Dulu sih punya tp mama tinggal aja di Palangka waktu pindahan kesini karena males bawanya abis jrg dipake jg.

Masalahnya muncul ketika ganti GM baru yg hobi banget olahraga. Ceritanya Jumat kemaren abis senam kita semua dikumpulin di absen satu2 (kayak anak sekolahan) ketauan yg mana yg ga ikutan senam hiks.. setelah ngmg panjang lebar keluarlah ultimatum kalo kita semua diwajibkan ikut SKJ mulai Jumat ini cape dee..

Akhirnya mama langsung sibuk hunting sepatu olahraga dan baju2 olahraga maklum pegawai baru pindah dah keabisan jatah seragam jadinya mesti nunggu pesen baru. Tapi gpp deh dipikir2 mama emang ga pernah olahraga sama sekali jadi yah diambil positifnya aja mama jadi punya sepatu baru kekekekk...Sekarang jadi tambah semangat nunggu hari Jumat, bukan karna mo wikennya tp lebih karna pingin ikutan senam xixixii...

Thursday, May 22, 2008

Rafi in Batik

Libur kemaren mama, papa n Rafi pergi ke acara tujuh bulanannya tante Ayu. Tadinya mau pakein Rafi baju koko aja karena acaranya pengajian tp mendadak mama keinget baju Batiknya Rafi yg kmrn mama beliin tapi belum pernah dipake jadinya Rafi pergi pake baju batik ini plus peci.

Sebelum brgkt Rafi sibuk foto2 dulu ama papa, tumben bgt pas difoto ga banyak tingkah nurut aja mgkn tau kali pake baju baru n batik lagi jd rada jaim gt deh gayanya dah kayak pak RT aja hihihii..

Acara nujuh bulanannya ga seperti bayangan mama, mandi2nya cm sekali lewat aja mgkn sbg syarat aja kali, tp yg lebih penting emang doanya kan. Yg bikin lama itu benernya karena nungguin rombongan pengajiannya ibu2 br pd dtg jam 11 an pdhal kita dah dtg dr jam 10 kurang loh.. huh memang2 org sini tuh katanya kl diundang pagi datengnya pasti dah mepet2 makan siang, itu berdasarkan pengalaman2 papanya sih. Untungnya Rafi anteng aja sepanjang acara malah sempet ketiduran di bawah pohon segala :D

Udah dulu yah mama lg sok sibuk neh ntar kapan2 disambung lg critanya yaaa..

Friday, May 09, 2008

Tetanggaku Idolaku

Benernya mama lagi males bgt apdet disamping ada sedikit kerjaan yg mesti diselesain, mama jg lg capek abis dr Jakarta kmrn disuruh dinas ke kantor pusat disana, padahal cm sehari seh tp pegelnya 2 hari ga ilang2 akibat lebih banyak kelayapan di mal-nya daripada dikantor hehe.. Ga ada pilihan jg daripada bengong2 aja dikantor pusat liat org pd kerja, mending bengong di mal liat2 baju sambil cariin Rafi oleh2 ampe sore baru berangkat ke bandara balik Makassar.

Semalem mama liat foto2nya Rafi di laptop jadi geli sendiri abis lucu2 makanya ga tahan buat ga crita ttg tingkahnya Rafi yg suka manjat2 kursi gini. Bukannya iseng tapi Rafi ngebet bgt liat anak tetangga depan rumah namanya Safira masih kelas 1 SD dia temennya Rafi. Tiap siang biasanya Safira pulang sekolah dianterin ama mobil carteran yg selalu bunyiin klakson kenceng kalo dah nyampe depan rumahnya, Rafi hafal bgt tuh kalo denger suara toootttt.. langsung loncat manjat kursi, ampe Safira masuk rumah baru deh turun lg. Padahal kk Safiranya cuek2 aja ga ngerti kalo ada penggemar yg lg ngintip hihihi...

Kalo ngeliat Safira keluar dikit aja langsung buru2 ke jendela manjat kursi ato liat dari pintu depan. Trus kalo kita tanyain ttg Safira kayak “kak Safira mana?” biasanya langsung jawab “ga ada” tapi lari2 ke jendela lg ngeliatin rumahnya Safira, pokoknya sensitif denger nama kak Safira-nya disebut :)
Sore2 biasanya Rafi keluar jalan2 di depan2 rumah, pas liat Safira keluar pasti senyum malu2 kucing gt tapi langsung nyamperin ndeket2, mama senyum2 aja liatnya. Apalagi skrg samping teras depan rumahnya Safira dah ada kolam ikan jadinya nambah sering deh maen2 kerumah Safira alasan nengok ikannya :) Mungkin karna ga banyak temen yg seusianya jg disini jadi seneng banget ama kk Safira.

Wednesday, April 30, 2008

Jagoan Mama Sholat

Ini fotonya Rafi kemarin lusa pas sholat magrib, tumben2an bisa dapet fotonya pas lagi sholat kayak gini :) Kalo mama papa sholat emang biasanya Rafi ikutan sholat langsung berdiri di depan trus takbir tapi belum jelas ngmgnya cm ooo.. aja, abis itu langsung sujud udah selesai segitu aja sholatnya :D Yang lucu kalo mama duduk antara dua sujud Rafi langsung aja duduk dipangkuan mama sambil tangannya gerak2 dan mulutnya komat-kamit (niru orang zikir) dikiranya mama dah selesai sholat jadinya ga jarang mama sholat agak “tersendat2” nungguin Rafi bangun dl trus cepet2 mama sujud lagi dan berdiri hehe..

Ceritanya bisa dapet fotonya Rafi ini karena Rafi telat ga ikutan mama sholat, dia masih asik maen depan TV, pas mama dah selesai baru masuk dan bongkar2 laci meja nemu topi ato peci ya namanya..punya papanya ini langsung dipake trus naek tempat tidur ngajak maen loncat2an tapi tiba2 Rafinya sholat, langsung deh mama nyamber kamera buat jeprat-jepret! Selesai sholat Rafi baca doa walo belum ngerti doanya apa selesai doa Rafi langsung salim tangan mama seneng banget deh mama. Moga ampe besar nanti Rafi tetep rajin sholatnya biar jadi anak yg sholeh ya nak.. amin.

Friday, April 25, 2008

My TwiNkle-twinkle Little StaR

Photobucket

Ini foto Rafi minggu kemaren waktu pertama kali ikut kondangan ama mama papa, kita belom punya baju yg seragam jadi Rafi cm pake hem putih aja. Baju ini benernya dah lama kado dari acilnya di Palangkaraya dulu tp baru bisa dipake sekarang karena baru cukup, thanks ya acil.. Rafi lg seneng miring2 gini neh kalo difoto :D

Foto ini dah jadi desktop mama yg baru loh.. walo belum sreg ama bagroundnya tp mama suka banget karna sukses bikin bintang2nya;) Bingkai kerennya donlot dari sini.

Friday, April 18, 2008

Gaya Rafi Nyanyi

Sekarang kalo mau karokean di rumah suseeeehhh.... bgt, pasti deh mike-nya dikuasain ama Rafi. Mama baru pinjem bentar aja dah direbut lg ama Rafi gimana mama bisa nyanyi coba hiks. Sekali dua kali aja suaranya kedengeran itu pun cuma oooo.. ooo... oooooooo........ Yang heboh malah goyangannya itu loh ngikutin irama musik banget, kalo musiknya slow paling tangannya aja yg digerak2in ke atas or samping, kalo rada dance pantatnya langsung goyang kayak ngebor gt dan yg paling seru kalo musik rock kepalanya manggut2 ampe suka jatuh hehe..

Yg bikin heran Rafi kalo diputerin musik anak2 malah kalem, nonton seh tp paling cuma senyum2 aja kalo suka. Rafi lebih seneng musik2 org dewasa yg anak2 band gitu favoritnya nidji, awalnya karena sering liat iklan di TV yg ngorbit2 itu dan ampe sekarang kayaknya masih suka tuh kalo liat nidji nyanyi. Ntar kalo dah besar mau bikin band jg kali yee..



Friday, April 11, 2008

Kalo Rafi Mau Bobo

Oke deh skrg aku mo ngerjain peer lg kali ini dari emaknya ben yg jago photoshop itu tp skrg jago jg bikin peer kyknya mau merambah satu profesi lg jadi guru hehe.. Benernya rada2 males dikit tapi berhubung berhadiah dibuatin banner jadi semangat 45-nya mucul apalagi banner yg bakal dihadiahin bisa bikin kita ga kena tag2an lagi! duh.. kreatif ga seh ibu ini ;)

Peernya jg ga perlu mikir2 lama cuma mau kasih tau kegiatan Rafi sebelum tidur, ini neh urutannya :

  1. Rafi masuk kamar trus mama suruh bobo ga lama keluar bunyi2 aneh hrokk...hrokk... tau ga ternyata dia pura2 bobo sambil niruin suara ngorok bapaknya =
  2. Trus maen2 sama mama dikamar paling suka maen gulet2an, dudukin ato kadang injek perutnya mama hiks..untung lom ada dedekmu nak.. trus suka narik rambut mama jg, suka sayang2an alias dicium, suka loncat2 dan lari2 ditempat tidur macem2 deh intinya ngeracakin tempat tidur!
  3. Kalo mimik susu botol ama mama biar habis satu botol itu matanya rafi tetep aja melek, lanjut ngajak maen2 lagi turun naek tempat tidur pusiiiiiingggg…
  4. Mamanya marah2 nyuruh bobo malah diketawain ama Rafi dan tampangnya itu yg ga nahan super jahil ihhhhhh mama gemessss……
  5. Ampe berapa jam pun kalo ama mama jarang2 dia mau tidur yg ada maen mulu, mungkin jarang ketemu mamanya jadi kalo mamanya dah dirumah ato hari libur gitu dipuas2in kali, ada aja tingkahnya yg bikin heboh maen air, bongkar2 maenan, joged2, minta gendong, ini itu. Tapi kalo mama ga ada Rafi anteng aja tuh kalo jamnya bobo ya bobo.
  6. Seringnya mama ambil jalan pintas aja sembunyi, trus Rafi ama bibiknya mimik susu botol ga lama langsung lelap deh hebat kan :D
  7. eitt...ada tapinya neh kadang2 kalo Rafi dah capek bgt maen biasanya Rafi ngambil susunya sendiri trus masuk kamar, mama usep2 jidatnya bentar pasti langsung bobo dijamin!

Udah kelar neh peer-nya fotonya nyusul aja yah! Sekarang aku mau nagih hadiahnya neh banner anti tag-ku manaaaaaa?? hehe...

Wednesday, April 09, 2008

Ikutan Bhechek..chek..chek..

Akhirnya ringtone-ku berbunyi
mana ujhan,.. ga ada ojyek,.. bhechek..chek..chek.. mana ujhan,.. ga ada ojyek.., bhechek..chek..chek..chek..
Basi emang tp gimana lg baru sempet donlot 2 hari yg lalu, dan baru td inget nge-save di HP itu pun karena ada temen yg mau minta jg jd semangat:D
Bukannya karena nge-fans ama Cinta Laura loh tp buat lucu2an aja seh abis yg model gini unik. Kalo aku punya anak cewek mungkin bisa seimut dia kali yee kekekkeekkkkk..... tp mending jangan deh abis papanya rafi ga suka!
ahh.. Cincha Lawra….

Downloadnya dari
sini neh.

Monday, April 07, 2008

Hadiah mewakili Hati

2 bulan ini rasanya bayak banget undangan yg mama terima. Rata2 undangan merit baik dari orang2 kantor maupun deket rumah. Sayangnya belum satupun yg sempet mama penuhi:( bukan maksud sengaja ga mau dateng tp kebetulan resepsinya banyakan diluar kota atau malem hari, jd mama rada kesulitan kalo mau dateng abis lg ga ada papanya rafi, kalo malem jg mama ga ada yg nganter mau pergi sendiri takut dan yg jelas pasti nyasar . Akhirnya cm bisa nitip amplop aja ama temen yg dateng.

Tapi ada satu undangan nikah yg benernya berat bgt kalo ga dihadiri. Soalnya yg nikah adiknya temen deket mama (Mega), dan keluarganya jg dah mama anggap seperti keluarga sendiri. Tp ya itu td resepsinya diluar kota, butuh perjalanan seharilah dan minggu2 ini ga mungkin bgt mama cuti ga akan dikasih ama bos karena mepet dgn laporan triwulanan. Kemarin Rafi jg terima undangan ultah dadakan, pagi2 baru sempet dianterin yg punya gawe padahal sore itu jg acaranya. Terpaksa buru2 keluar cari kado, kan ga lucu kali ya masak org ultah kita ngasih amplop.

Abis cari kado Rafi, sekalian mama cari jg kado buat adiknya Mega padahal tdnya rencana mau pulang dl naek taxi aja tp nanggung dah deket tempatnya. Akibatnya mama kebingungan waktu mau bawa pulang gmn bawa kadonya soalnya mama naek motor dan barang yg mama beli lmyn besar. Dan sialnya didepan toko itu lg sepi ga ada anak2 kecil yg biasanya ribut bantuin org2 bawain barangnya. Ga ada pilihan deh mama ngiket sendiri barang belanjaan di belakan motor. Sempet berkeringat tp lega akhirnya berhasil..berhasil..! ternyata mama masih tetep wonder woman :D

Moga adeknya Mega suka aja ama hadiah mama, karena mama nyarinya dgn penuh perjuangan dan cinta loh hehe.. Dan percaya deh walo nanti mama ga bisa hadir tp mama doain semoga kalian menjadi keluarga yg syakinah, mawaddah dan warrahmah. Dikaruniai anak yg saleh dan salehah amin...

Wednesday, April 02, 2008

Macaroni Schotel vs Diet

Atas rekomendasi seorang temen, akhirnya mama nyobain resep Macaroni Schotel. Katanya seh cara masaknya gampang dan rasanya jg enak jadi bikin mama tambah tergoda bikinnya. Pertimbangan lain ya karena bahan2nya ckp bergizi baguslah buat cemilan Rafi. Jadi wiken kemarin mama semangat berburu bahan2nya di supermarket dan kebetulan udah gajian jg jd byk bgt borong bahan2 kue yg mau dicoba cause bekal kumpulan resep mama dah segunung hasil browsing di net hehe.. Tp sejauh ini baru 5 resep yg udah dicoba dan hasilnya lumayanlah untuk ukuran pemula ga ancur2 banget rasanya:D

Ini neh Macaroni Schotel ala mama rafi tadaa...
Rasanya enak kok tp maemnya jgn langsung banyak2 ya.. soalnya gampang eneg jd cukup satu potong aja dijamin dah kenyang. Dan satu lagi macaroni schotel ini bener2 memporak-porandakan program diet mama uhuk..

Monday, March 31, 2008

Nostalgila Pacaran

1 April 2003, ada yg ga bisa mama lupakan di tanggal ini. Bukan karena April Mop-nya mama jadi inget trus tp karena di hari itu emang ada momen penting dalam hidup mama karena bertepatan dgn hari ujian Telaahan Staf (laporan) mama sebagai syarat akhir program Diklat dalam rangka penerimaan calon pegawai baru untuk ditempatkan di unit2 yg ditunjuk. Alhamdulillah presentasinya berjalan lancar dan sorenya mama n papa serta temen kita merry & dian jalan2 refreshing ke mal. Kita bertiga (mama, papa, n merry) sering bgt jalan bareng ampe byk yg julukin trio kwek-kwek. Padahal mama benernya ga terlalu deket ama papanya rafi ngomong aja jarang2, yg deket banget malah mery. Tapi mama sng2 aja kalo paparafi nemenin jalan soalnya ada yg pegangin kantong belanjaan hehe..

Sore itu kita akhirnya nonton, tp rata2 dah liat semua film2 yg mau tayang yg belum cm film Daredevil akhirnya ga ada pilihan lain nonton itu aja dan bla..bla..bla.. ga usah diceritain detailnya gimana2 akhirnya mama dan papa jadian gt deh ehem.. kadang mama ampe skrg msh bingung kalo ditanya kok bisa jadian ama paparafi dan ampe merit, yg jelas semuanya dah ada yg ngatur dan mama sangat mensyukurinya.

Kadang2 pingin bgt kembali ke masa lalu, makanya waktu mama diklat ke Jakarta kemarin pas kebetulan papa jg kesana kita sempet2in ngeliat tempat kita jadian dulu :x konon bernostalgia bisa membangkitkan cinta loh.. inget2 jaman pacaran dulu, buka2 album pernikahanan ato ke tempat2 kenangan berdua lumayan ampuh buat ngilangin kesedihan kalo kita lg ada masalah. Tapi sayang papanya rafi ga ada deket mama skrg jadi ga bisa bernostalgila bersama2 hiks...

Tuesday, March 25, 2008

Sak..Masak..

Ceritanya weekend kemarin mama mau belajar masak soalnya kan papanya Rafi ga pulang masih sibuk di Jakarta jadi lumayan tuh 4 hari bisa nyoba resep macem2. Semuanya dah disiapin dari ngumpulin resep, beli bahan2 ampe ngelengkapin peralatan dapur. Dimulai dgn resep2 yg simple dl deh dan bahannya dikit jadi ga perlu keluar biaya banyak secara tanggal muda dah lewat hehe..
Hari Kamis libur pertama mama nyobain resep donat kentang, kalo liat cara membuatnya seh kayaknya gampang banget dan pas praktek emang gampang kok. Semuanya tinggal dicampur ampe kalis. Tapi o..oww.. pas dah selesai ternyata ada yg kelupaan, mama lupa masukin telur 3 butir hiks.. konyol banget padahal resepnya dah dipelototin tp kok bisa ya msh adaa aja yg ketinggalan. Akhirnya telur langsung aja buru2 dipecahin tp pas diulenin kok jadinya adonan donat mama malah lembek hwaaaaa... gimana dongg.... pdhal sebelumnya dah bagus loh. Mana terigunya dah habis lg td dah dimasukin semua. Terpaksa teriak ke bik nur suruh cari terigu di warung. Dimasukin lg ke adonan sedikit2 akhirnya jadi bukit beneran jd banyak nambah terigunya tp tetep aja msh lembek. Ya udahlah mama nyerah, tuh adonan mama diemin aja ampe sejam abis itu jadi mekar sebesar bola basket :D

Adonan yg dah mekar td mama bentuk bulet2, berhubung sedikit lembek jadi rada susah ngebentuknya lengket ditangan. Setelah itu dibolongin tengahnya n digoreng pake sumpit diputer2 ya gitulah dah pada tau pasti kan cara bikin donat, mama aja yg telat. Akhirnya jadi jg donat kentang ala mamarafi tapi maaf ga difoto soalnya mama ga pede seh bentuknya ga keruan beda2 ukuran. Syukurnya Rafi doyan loh masakan mamanya langka gituloh.

Besoknya mama nyobain resep brownies nyontek dari sini neh. Bahannya semua dah ditakar baik2 trus dicampur2 sesuai petunjuk bikinnya. Tapi kok jadinya rada lembek gitu yah:-/ ato karena kurang mateng aja? ato kelebihan coklatnya? Yg bikin mama geli waktu nanya ke Rafi kuenya enak ato ga ? Rafi cm senyum2 aja biasanya kalo ditanya makanan apa aja jawabnya pasti langsung nak..nak.. alias enak. Papanya Rafi nguakak waktu diceritain kayaknya puas bgt puass! padahal istrinya dah bela2in belajar masak demi dia. Walo gt Rafi mangap2 aja kalo disuapin doyan bgt. Maklum jarang2 emaknya bikinin hihihiii...

Bingkainya nyomot disini

Wednesday, March 19, 2008

8 Things...

Dengan niat pingin nyantai n ga punya utang pas long weekend besok maka dengan semangat aku kerjain PR-ku. Maaf buat Kiky yg dah lama bgt nge-tag tp br bisa dijawab skrg setelah bundazua mengingatkanku :D

8 things I’m passionate about:
1. My son Rafi
2. My husband
3. Shopping (penyakit lama)
4. Photoshop
5. Travelling (dalam n luar negeri)
6. Nurunin berat badan yg trus2an ngelonjak ampe 5 kilo tidakkkkk
7. Internet / Ngeblog kali yaa
8. Ice cream n chocolate


8 things I say often:
1. Rafiiiiii....fiiiiiiii......
2. Sayangnya mama.. :-*
3. Bismillah
4. Alhamdulillah
5. Nyebut
6. Bik nur..bik nur..bik nurrr (suka ga cpt nyahut seh)
7. So Sweet..
suit..suitt….
8. Huh!

8 books I’ve read recently:
1. Harry Potter Deadly Hallows
2. Ayat2 Cinta again..!
3. Samir dan Samira
4. Koleksi buku2 bergambarnya Rafi
5. Bobo hehe..

8 things to do before I die:
1. Taubat jadi muslimah sejati amin..
2. Naik Haji
3. Jadi ibu yg terbaik bagi anak2ku
4. Jadi Istri idaman suami
5. Liat anak sukses
6. Didekat org2 yg disayangi
7. Ga punya utang duit or budi
8. Bahagia !

8 songs I could listen to over and over again:
1. Tercipta Untukku - Ungu
2. Sempurna - Andra n the backbone
3. Ibu - Opick
4. Menjaga hati - Yovie n Nuno
5. You're Beautiful jg - James Blunt
6. Save the Best for Last - Vanessa William
7. Indonesia Raya
8. Baby Sometimes Love Just Enough oh really...

8 things I learned in the last year:
1. Allah Maha Mendengar doa hambanya
2. Mandiri I'm a strong women ternyata
3. Sabar smg bisa terus..
4. Naek motor :)
5. Kadang impian tak seindah kenyataan
6. Persahabatan
7. Love's hurt
8. Belajar terus bersyukur ampe hari ini

8 people I am excited to tag:
sorry kalo dah pernah kena tag ga usah dikerjain deh ato kalo males jg gpp ketauan dulu sekolahnya gmn hehe..
and sapa aja yg mau rekan sesama blogger yg rajin n belum kena tag ato ga punya acara wiken ini kan lumayan daripada bengong ;)

Friday, March 14, 2008

Pastel Makassar

Dari sekian banyak makanan khas makassar seperti Coto Makassar, Pallubasa, Konro, Sop Sodara, Sop Ubi, Pisang Epe, dll kayaknya yg paling mama suka jalangkote deh:D ga tau kenapa padahal dulu biasa aja ngeliat makanan ini cm pastel ga ada yg special, tp berapa minggu ini rasanya pingin banget ngemil itu terus, Rafi jg jadi ketuleran.

Kalo di Makassar maem jalangkote (pastel) ini disiram ama saos pedes gt trus maemnya pake sendok bukan dicocol loh.. Dibandingin di kota lain kayaknya harganya lumayan mahal deh sebijinya bisa Rp 2500. Jalangkote ini bisa jadi alternatif oleh2 untuk jenis makanan ringan selain otak2 tentunya.

Kalo paparafi beda lg, dia ga terlalu suka ama jalangkote enakan lumpia katanya. Papa jg suka banget ama pallubasa cs td, kalo lidah mama mah ga cocok ama makanan yg mengandung jeroan2, kikil dan sebangsanya gt hii... eneg geli nelennya. Jadi inget dulu waktu pertama kali ditraktir maem palluabasa ama temen2 kantor ampe merem melek ngabisinnya tersiksaaaa bgt, skrg biar dibayar jg ogah maem pallubasa lgL tp kalo coto makassar mama masih bisa maem soalnya boleh milih ikannya, mau daging aja, otak, lidah ato campur jg bisa. Mama selalu pilih daging saja tanpa lemak lain2nya lumayan enak jg trus maemnya pake ketupat ato buras (beras dimasak dgn santan trus dibungkus daun pisang)

Terus selain jalangkote mama jg suka banget ama es pisang ijo, apalagi kalo pisangnya dah mateng banget n manis wuihh segerrrrr palagi minumnya dingin2 gt nikmat. Udah ah jadi ngences sendiri neh kalo cerita2 makanan.
note: foto2 nyusul

tanda2 "Sakit Jiwa"

bila hati tak selaras dgn pikiran yang baik nampak buruk,
yang wangi bisa jadi busuk atau sebaliknya.
bila otak ada di dengkul yg kamu tau cm nol.nol..NOL besar
hitam putih siapa peduli
lisan semakin tak terkendali
a b c d e apa artinya? asal hati PUAS
menjerit sekeras-kerasnya
kau adalah darahku..
kau adalah jantungku..

dan bila kau pergi, membawa darah dan jantungku
perlahan kau membunuhku

Tuesday, March 11, 2008

Salah Potong

Rambutnya Rafi termasuk jenis rambut yg halus dan tipis. Dari bayi mama dah rajin kasih hair lotion yg bahannya mengandung minyak kemiri yg katanya seh bisa bikin rambut tumbuh subur. Mama jg rajin gunting rambut Rafi tiap bulan dan mama creambath rambutnya pake lidah buaya. Alhamdulillah skrg rambutnya dah mulai banyak walo helainya masih tetap halus.


Sejak di Makassar mama baru kemarin sempet gunting rambutnya lagi, itu pun karena papanya dah protes liat rambutnya yg udah ga karuan panjang dan berantakan bgt. Berhubung Rafi dah besar jadi guntingnya rada susah anaknya ga bisa diem. Pertamanya aja mau digunting lama2 lari2 terus dan nangis kalo dipaksain. Akhirnya potongannya mencong sana-sini jelek bgt kalo buka salon dah ga laku neh salonnya mama ngeliat hasilnya gini:(


Samping kanan kirinya ga sengaja jadi gundul gitu akibat salah potong, jdnya sekalian aja mama cukur abis biar rata. Tp tampangnya Rafi jd tambah gembul sejak rambutnya model gini dan yg jelas selalu bikin mama senyum2 geli ngeliatnya abis Rafi jd tambah nge-gemessiiinn...

Wednesday, March 05, 2008

My Bunny-Another Dream

Suamiku Tn. Laksono punya satu impian lg yaitu pingin majang foto ini di profil blognya, sstt... niatnya seh mau nyaingin si anang itu tuh selebnya blogspot tau kan gimana fotonya dulu yg "heboh" itu :P tapi sayang iya ga se-pede anang padahal fotonya jauh..jauhhhh lebih cakep heueheuheee... tul ga??? :x

Gmn neh pa dah pede belom? :D

Tuesday, March 04, 2008

Balada Seorang Istri

Sejak menikah lebih kurang 2,5 tahun yg lalu mama dan papa rafi ga pernah bener2 hidup bersama, mama di Palangka Raya sedangkan papanya rafi di Bulukumba (Sulsel). Baru 3 bulan yg lalu alhamdulillah permohonan pindah mama disetujui perusahaan, akhirnya mama pindah ke Makasar, walau benar2 belum satu tempat tapi setidaknya dah deket bgt tiap minggu bisa pulang.

Mama inget kapan hari pernah ikut
Mapping Competency, disana kita diminta mengisi rencana kita 5 tahun ke depan, baik dari segi karir maupun pribadi. Kalo karir mama ga terlalu ambisius cm asal jawab tapi kalo keinginan pribadi benar2 merupakan harapan mama, waktu itu jawaban mama adalah segera pindah Makassar kumpul dgn suami, punya rumah yg bagus n kasih Rafi 2 dedek lg :D Sampai akhirnya akhir tahun harapan utama mama tercapai alhamdulillah, kalo rumah sayangnya sampai skrg kita jg belum punya, Insya Allah bulan ini bisa segera diputuskan pingin beli (kredit) rumah yg mana. Trus kasih Rafi dedek jujur aja mama jd bimbang??

Mama ga tau ini bisa jadi berita bahagia ato ga, papanya Rafi bener2 dah positif dpt beasiswa S2 walau jadinya cm didalam negeri (UI) tapi itu artinya paparafi bakalan pergi lagi, jauh lagi:( ini neh yg bikin mama bingung! Sebagai istri tentunya mama harus dukung cita2 suami apalagi ini emang merupakan impiannya dari dulu sekolah lagi belajar terus ampe tua dan disaat itu dah mulai terwujud apa mama tega untuk bersedih ato menghalangi. Walau hati sedih tp ya tetep senang kalo suami senang, cm bisa berdoa agar mama kuat lg seperti dulu n suami jg belajarnya lancar lagian cm bentar n di Jakarta ini mg bisa tetap pulang tiap wiken deh.

Semoga kepergian paparafi membawa kebaikan bagi kami sekeluarga amin.. Ya dah dulu ya mo kerja lagi.. mama ga bisa neh nulis yg sedih2 jadi baladanya kita lanjutkan di episode 2 yg lebih menguras airmata hehe..
Gambar dari sini