Tuesday, March 25, 2008

Sak..Masak..

Ceritanya weekend kemarin mama mau belajar masak soalnya kan papanya Rafi ga pulang masih sibuk di Jakarta jadi lumayan tuh 4 hari bisa nyoba resep macem2. Semuanya dah disiapin dari ngumpulin resep, beli bahan2 ampe ngelengkapin peralatan dapur. Dimulai dgn resep2 yg simple dl deh dan bahannya dikit jadi ga perlu keluar biaya banyak secara tanggal muda dah lewat hehe..
Hari Kamis libur pertama mama nyobain resep donat kentang, kalo liat cara membuatnya seh kayaknya gampang banget dan pas praktek emang gampang kok. Semuanya tinggal dicampur ampe kalis. Tapi o..oww.. pas dah selesai ternyata ada yg kelupaan, mama lupa masukin telur 3 butir hiks.. konyol banget padahal resepnya dah dipelototin tp kok bisa ya msh adaa aja yg ketinggalan. Akhirnya telur langsung aja buru2 dipecahin tp pas diulenin kok jadinya adonan donat mama malah lembek hwaaaaa... gimana dongg.... pdhal sebelumnya dah bagus loh. Mana terigunya dah habis lg td dah dimasukin semua. Terpaksa teriak ke bik nur suruh cari terigu di warung. Dimasukin lg ke adonan sedikit2 akhirnya jadi bukit beneran jd banyak nambah terigunya tp tetep aja msh lembek. Ya udahlah mama nyerah, tuh adonan mama diemin aja ampe sejam abis itu jadi mekar sebesar bola basket :D

Adonan yg dah mekar td mama bentuk bulet2, berhubung sedikit lembek jadi rada susah ngebentuknya lengket ditangan. Setelah itu dibolongin tengahnya n digoreng pake sumpit diputer2 ya gitulah dah pada tau pasti kan cara bikin donat, mama aja yg telat. Akhirnya jadi jg donat kentang ala mamarafi tapi maaf ga difoto soalnya mama ga pede seh bentuknya ga keruan beda2 ukuran. Syukurnya Rafi doyan loh masakan mamanya langka gituloh.

Besoknya mama nyobain resep brownies nyontek dari sini neh. Bahannya semua dah ditakar baik2 trus dicampur2 sesuai petunjuk bikinnya. Tapi kok jadinya rada lembek gitu yah:-/ ato karena kurang mateng aja? ato kelebihan coklatnya? Yg bikin mama geli waktu nanya ke Rafi kuenya enak ato ga ? Rafi cm senyum2 aja biasanya kalo ditanya makanan apa aja jawabnya pasti langsung nak..nak.. alias enak. Papanya Rafi nguakak waktu diceritain kayaknya puas bgt puass! padahal istrinya dah bela2in belajar masak demi dia. Walo gt Rafi mangap2 aja kalo disuapin doyan bgt. Maklum jarang2 emaknya bikinin hihihiii...

Bingkainya nyomot disini

19 comments:

rizky said...

enak tu.... Browniesnya bisa nggak diLempar kesini ma, laper ni...

Andy MSE said...

nyontek resepnya aaaaaaaaaahhhh

kiky f said...

aduh, mau donk...lempar ke jakarta ya....

Zee said...

kekekekee.... sampe lupa masukin telur itu lucu banged...

gpp mbak, namanya jg usaha... :)

endangcinta said...

yg penting bisa dimakan ini.....buat kalangan sendiri kan? hehehehe

ghozan said...

wah sepertinya donat kentang enak juga yah... kapan2 minta resepnya yah, untuk bikinin si ewa ma lia. he3x. thanks udah dilink.

Abimanyu said...

hehehehe.. soal bentuk dan ras itu gak jadi masalah.. yang penting bisa dimakan dan enggak sampe bikin keracunan!! huekeke!!! betul gak Mam??

Mama Rafi said...

@rizky&kiky : kok pd suka maen lempar2an seh..

@andy : silahkan smg berhasil!

@zee : hehe..emang konyol kok :D

@endang : siipp..

@ghozan : boleh..boleh..

@abimanyu : tull! yg penting rafi doyan :)

Mama Ben said...

aduhai...brownis nya menantang sekali minta digigit...
sampe meler air ludahku yu...
bagi dunk ?

Kristina DIAN Safitry said...

mam, lempar ke hongkong dong... satuuu aja, gak minta banyak2 kok,huakakakaakakkk...

whyu said...

wah..wah..kok pada minta dilempar, habis... aku gak kebagian nih..

ma.. buatin lagi ya..

Mama Rafi said...

@ mama ben, dian, n wahyu :
wah2 kalo ngeliat antusiasme yg tinggi kyk gn mama jd tertarik buka delivery order neh hehe.. :p

TJ said...

ga papa kok klo lembek. itung2 bersimpati sama nenek2 yg ga ada giginya atau paling engga ikut merasakan seperti mereka. hihihihi.. (komentar super ngaco)

tapi yang paling 'gong'-nya adalaaaahh..., LUPA MASUKIN TELOR??? oH mY GOOOD!!!

veraproject said...

Haduuh..rajin amat si ibu liburan masak2 yah..untung ada yg jadi testernya Rafi heheehe...

Kalo aku bikin kue2 ato cake suka yg instan ajah kayak pondan hehehe..soalnya kalo beli bahan yg misah2 suka byk sisanya, ga tau kpn lagi bikin kue tu bahan udah expired deh hehehe..

Bintang said...

hebat euyyy mamah rafi...aku aja sampe sekarang gak bisa2 tuh bikin donat..heran gak pernah ngembang..sampe papahnya farrell bilang, udah diemin aja tuh adonan seminggu pasti busuk deh bukannya ngembang hehehe..

GusKoko said...

lupa masukin telor ? jangan2 mikirin Papa nya Rafi yang lagi ke Jakarta :)

Terima kasih lho buat perhatiannya disaat saya sakit.
Salam buat se-isi rumah disana.

Mama Rafi said...

@ TJ : udah deh urusan telor jgn dibesar2in lg maluu hehe..
@ vera : aku jg dl gt tp skrg pgn bkn sdri :)
@ bintang : masak seh ga bs bikin donat??
@guskoko : sama2. smg sehat terus yak!

Bunda Zua said...

Ma, gak masalah si papa ngetawain, yang penting Rafi mangap-mangap doyan ;p

Masak yang lain lagi dong ma, buktiin kecanggihan mama ke papa he..he..

Eh, mampir yuuk ke blog kita, si Zua lagi naik mobil baru tuh!!

Novee said...

mau donat kentang nyaaaaaaaaaaaaaaaa
mam, kl emang kelembekan, kenapa juga maksa in diri pk bolong di tengah..? ga usah dibolongin mungkin bakalan lebih cakep bentuk nyah kali mam..
heheee sok tau, ga bolong ya bukan donat nopiiiiiiiiiiiiiiiii *begitu kata mama rafi*