Friday, March 14, 2008

Pastel Makassar

Dari sekian banyak makanan khas makassar seperti Coto Makassar, Pallubasa, Konro, Sop Sodara, Sop Ubi, Pisang Epe, dll kayaknya yg paling mama suka jalangkote deh:D ga tau kenapa padahal dulu biasa aja ngeliat makanan ini cm pastel ga ada yg special, tp berapa minggu ini rasanya pingin banget ngemil itu terus, Rafi jg jadi ketuleran.

Kalo di Makassar maem jalangkote (pastel) ini disiram ama saos pedes gt trus maemnya pake sendok bukan dicocol loh.. Dibandingin di kota lain kayaknya harganya lumayan mahal deh sebijinya bisa Rp 2500. Jalangkote ini bisa jadi alternatif oleh2 untuk jenis makanan ringan selain otak2 tentunya.

Kalo paparafi beda lg, dia ga terlalu suka ama jalangkote enakan lumpia katanya. Papa jg suka banget ama pallubasa cs td, kalo lidah mama mah ga cocok ama makanan yg mengandung jeroan2, kikil dan sebangsanya gt hii... eneg geli nelennya. Jadi inget dulu waktu pertama kali ditraktir maem palluabasa ama temen2 kantor ampe merem melek ngabisinnya tersiksaaaa bgt, skrg biar dibayar jg ogah maem pallubasa lgL tp kalo coto makassar mama masih bisa maem soalnya boleh milih ikannya, mau daging aja, otak, lidah ato campur jg bisa. Mama selalu pilih daging saja tanpa lemak lain2nya lumayan enak jg trus maemnya pake ketupat ato buras (beras dimasak dgn santan trus dibungkus daun pisang)

Terus selain jalangkote mama jg suka banget ama es pisang ijo, apalagi kalo pisangnya dah mateng banget n manis wuihh segerrrrr palagi minumnya dingin2 gt nikmat. Udah ah jadi ngences sendiri neh kalo cerita2 makanan.
note: foto2 nyusul

30 comments:

Zee said...

wah sy jg suka pisang ijo.
klo pastel, di jkt sini ada tuh harganya 2500 jg pdhl rasanya biasa aja. lbh enak yg di medan, 500perak :D

devari said...

tambahin foto2 dong :)

elly.s said...

resepnya mannnnnnnnnaaa????

kiky f said...

dari semua makanan yang disebut...gue belom coba tuh jalangkote...duh...gue tuh lagi hamil kevin 5 bulan waktu ke makasar...makannnnnn mulu....sedap2x...seminggu nambah 1 kg gue...ihiks...

mercuryfalling said...

gak ada yg kenal eh nama2xnya kecuali coto makasar.

kalo jeroan sih aku suka sama empedal goreng. tapi berusaha ngindarin

Vina Revi said...

hiks, udah susah klo mo makan pastel sejak pindah ke Seoul, niy! Kirimin dari Makassar, dunks ... :)

Kenapa ya???... said...

Sayang sekali, lidah saya sudah kadhung Jawa banget.... walaupun doyan apapun tapi yang paling pas ya masakan Jawa... hehehe

Novee said...

Mama Rafi tau aja.. pisang ijo tuh makanan paling wuenak deh! moantab poko nya..

dmruli said...

Baca tulisan mama tentang makanan, saya jadi pingin mencicipi juga makanan yang disebutkan itu.

Abimanyu said...

hmmm.. asal makanan itu bisa dimakan.. dan boleh dimakan.. habisi aja tanpa ragu2.. he666.. jadi lapeer..

Fiz said...

Postingan kaya gini nih yang bikin perut demo...!!!! :)

Mama Rafi said...

@devari: iya fotonya ga bs2 di upload neh jd tar deh kpn2 nyusul:)

@elly: ga bs masak mba cm bisa maem so resepnya search di google aja ya:D

@vina: iya barter ama masakan korea yah:)

@novee: ternyata selera kita same ya mpok:)

Bintang said...

hiksss....aku suka semuanya makanan itu...apalagi coto makassar n sop konronya...trus makannya ama ketupat atau lontong...jadi kangen pengen pulang...hiksss...hiksss..

abiyasa said...

wah bikin ngeces =P~ apalagi blm nyicipin makanan tu boro2 ngicipin, lihat aja belum..he.he.

aRai said...

waduh mamarafi ... arai mau kok kalo mamarafi mo ngirimin jalangkotenya, ngirimin banyak juga pasti arai abisin deh ... hehe

BTW ditunggu kirimanya lho ma :D

Mama Rafi said...

@bintang : loh kok malah nagis mbak hiks..

@abi : tar deh aku liatin gambarnya :D

@arai: sementara cari dulu aja di pasar tradisional terdekat ato di foodcourt2 sekitar anda hehe..

veraproject said...

wah, kayaknya enak-enak nih makanannya...jadi pengen nyoba...palagi aku nih tukang makan...hehehe..

rizky said...

Jadi laper kalo baca beginian!!!!!

Eucalyptus said...

Waaaaa...... pengen cobain pastelnya... klo otak2 udah coba, enak bgt.... oh ya, mana gambarnya? Biar sekalian bikin ngecessss

bebek said...

pingin juga dung dikirimin ke singapur :)

aroengbinang said...

gak pernah bener2 suka yang namanya pastel, tapi kalu es pisang ijo demen banget, terutama kalau lagi lupa untuk mengurangi yang manis2....:)

dee said...

mama rafi, aku jg suka jalngkote..mamaku bs bikinnya. suka juga sop konro n coto plus burassa. dessertnya baru deh es pisang ijo, nyam..nyam...sluruph.. =)

The Armstrong said...

wah wah wah jadi ngiler neh mbak denger ceritanya? HAH saia kangen jalangkote?????? saia kangen coto konro, coto makassar, pallubutung, pisang ijo, pisang epe... di jogja ssah nyarinya??

eh mbak yg terkenal jalangkotenya di makassar tuh di Maros mbak yang pas depan pintu gerbang bandara, dulu waktu dimakassar saia sering beli disutu, maknyuzzzz dah?

jadi harga ja;angkote dah 2500 yah mbak? (mahalnya) jaman saia dulu *halah* sekitar dua tahun yg lalu (sampe skarang blom pernah balik balik lagi) harga jalangkotenya tuh masih 750 rupiah, plus isinya pake potongan telor, ubi, wortel, kentang, ama mie... duh makan 3 biji aja dah kenyang (itu vesi teman saia)... tapi kalo samam saia seloyang jg masih saia layanin... hehehe :P

Vie said...

Aku balik nih! Rindu juga ama Rafi n mamanya. Yu, kok yg diceritain makanan sih, tega nian dikau, daku yg jauh gini jadi ngences abis. Pastel pake sambel dicocol lagi, uiiih.... liurku merembes jatuh kekerah.
Gimana Makassar, betahan gak?

Mama Rafi said...

@aroengbinang: satu lg penggemar pisang ijo :D

@dee : bagi2 dong bilangin mama resepnya byk yg nanya neh :(

@armstrong : duh kejauhan di maros dek biasanya aku ke sulawesi ajah.

@vie : welcome back honey miss youuuuu mmuahh :))

endangcinta said...

aku suka pisang barongko, sarabba, ama ubi ( singkong ) goreng yg dimakan pake sambel tomat......

tyka said...

enak neh kayaknya jadi pengen makan rotiboy..... *ga nyambung*

Bunda Zua said...

Jalangkoteee??, namanya aja menggoda sekaleeeee.....

Kalo coto makasar ama buras sih disini ada jagonya ngabisin he..he..he..

Mama Ben said...

postingan mamarafi bikin air ludah meler nih...
paling sukaaaaaa aku sama pastel,juga lumpia.....
dohhhhhh.....

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]discount software sales, [url=http://sunkomutors.net/]we sell software[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] buy photoshop and priced software
selling software through [url=http://sunkomutors.net/]software to store photos[/url] StuffIt Deluxe 2009 Mac
[url=http://sunkomutors.net/]Bento 2 Mac Readiris[/url] which software to buy
[url=http://sunkomutors.net/]stock purchase software[/url] educational software spelling
buy photoshop extended [url=http://sunkomutors.net/]software reseller canada[/b]