Monday, February 25, 2008

KTP oh.. KTP..

Td pagi saya barusan dari kantor camat mau foto buat KTP Makassar, sekarang bikin KTP dah kyk bikin SIM mesti foto langsung, jd walau pun nyuruh orang kitanya harus tetap kesana sendiri karena ada sesi pemotretannya td. Tujuannya buat memperkecil masuknya teroris ehm.. masuk akal jg seh. Padahal dulu kalo ngurus KTP tinggal bayar aja terima beres deh, tp sebagai warga negara yg baik sekarang ngurus KTP-nya ga pake “nembak”, itupun karena dah keburu didata ama Sekretaris RT coba kalo belum mungkin dah nembak jg kalee hehe..

Dah kurang lebih 1 minggu mama & papa ngurus pembuatan KTP ini, berhubung paparafi cm ada waktu wiken aja di Makassar jadinya baru Sabtu td kita ke Sekr.RT lg buat nyerahin data2 n surat pindah (dari tempat lama) karena kalo ga ada surat pindah itu kita ga bisa bikin Kartu Keluarga (KK) n otomatis ga bisa bikin KTP jg. Berhubung mama kemarin pindahnya ga pake surat2an dari Pak RT Palangka jadilah paparafi yg ngurus minta surat pindah dari Bulukumba tp atas nama sendiri karena KK-nya paparafi waktu itu statusnya belum merit. Tp dah cukup buat dijadiin lampiran ngurus KK kita yg baru di Makassar + fotokopi KTP + bukti lunas PBB .

Sekitar jam 10 td paparafi yg hari ini ijin kerja jemput mama di kantor buat sama2 pergi ke kecamatan, ampe disana dah byk orang yg ngantri buat difoto jg. Pak Sekr. RT jg dah nungguin kita disana. Ga berapa lama nama mama dipanggil buat di foto, trus sebelum foto ditanyain dulu darimana? mama jawab aja dari Palangka, trus ditanya lg KTP aslinya mana ama surat pindahnya? mama jawab lg tuh kan dah ada copy-nya. Tapi si mbak tukang foto masih ngeyel minta’in KTP Palangka mama n srt pindah padahal mama ga bawa yg aslinya, akhirnya paparafi n pak Sekr.RT nyamperin kita n jelasin kalo mama dah jd pengikut di surat pindahnya paparafi yg Bulukumba. Tapi mbak-nya masih aja kekeuh ga bisa ktnya mesti ada KTP asli Palangka! Akhirnya mama tetap bisa foto tp proses pembuatan KTP mama ditunda dulu ampe data pendukungnya lengkap duhh ribet bgt, kalo bisa diselesain dgn damai mdg bayar aja deh, tp berhubung dari awal yg ngurusnya pak Sekr. RT n kita jg taat hukum jadinya cm bisa ya..ya..ya..

Pas pulang mama diceramahin ama papa, kan dah dibilang kalo ditanya jawab aja pindahan dari Bulukumba! Waduh ternyata td emang dah dijelasin pak Sekr. RT tp mama ga ngeh kirain ditujukan buat si papa aja, ga taunya mama jg jawabnya mesti sama, dasar telmiii.. ngerusak acara neh mama. Ternyata fotocopy KTP mama yg Palangka itu buat ngurus KK aja di Kelurahan, sedang buat ngurus KTP ini cm surat pindahnya papa yg dari Bulukumba, pusing kan..? Ya udahlah akhirnya pak Sekr. RT bilang gini, yg penting ibunya dah di foto..urusan yg td biar nanti saya yg beresin lg tp mungkin nanti tetep ada biaya lg. Walah mau jadi warga negara Indonesia yg baik ternyata susah bgt :( tetep aja UUD (ujung2nya duit) jg!

Baca jg ini
Gambar dari sini

19 comments:

Zee said...

KEkekek... ga heran mba.
Secara saya aja ngurus KK ampe 8bulan baru kelar...

endangcinta said...

wah, di tempatku gak pusing kyk gini sih. beruntung ya aku....

bintang said...

jadi inget ktp ku kemana yahhhh???????

Novee said...

heheheee... ribet bgt yah Mam...

Cempluk said...

wah..si adek rafi udah gede euy pas digendong mamarafi..hehehe...

tenang aja ma, perlu sedikit nego dan lobbying thd si tukang administrasi KTP pasti beres..hihihi...mksd cempluk bukan nembak loh ya..

Bunda Aulia said...

dah ciri khas-nya indonesia kok mbak. tadi pagi aku juga barusan ngurus perpanjangan STNK, sempat ngomel2 disana, abis dah nunggu 1 jam petugas loketnya blom dateng, padahal dah jam 9.30.
malah ada yang protes minta duitnya kembali, soalle dah bayar dikasir trus pas mau ambil STNK-nya masih minta BPKB yang asli, aturan kan di loket 1 harus diperiksa dulu. hehehe, kacian deh indonesaahh....

KRISTINA DIAN SAFITRY said...

Memprihatinkan ya kalo mau ngurus sesuatu di indo. Gadis jadi ingat waktu ngurus paspor mau tugas keluar negeri, modelnya ya kayak gitu itu...urusan cepat kelar kalo dah ngeluarin "isi dompet"...

isnuansa said...

berapa sih, ngurus surat-surat di Makassar? Mahal nggak?

Eucalyptus said...

Ha ha ha, itulah Indonesiaaaa.... pasti UUD lah...

ichaAwe said...

hehehhe...tenang2...hukum UUD gak hanya berlaku di Indonesia aja kok..di sini jg begitu... ke WC bau aja hrs pake duit

Ghira said...

Di Aceh, dulu sewaktu masih konflik, gak ada KTP berarti mati. Dan KTP waktu itu lain dari yang lain, besarnya 2 kali lebih besar dari KTP biasa, warnanya MERAH PUTIH. Waktu mengurusnya, ribetnya minta ampun... harus mendatangi tiga tempat dan tiga tanda tangan, kantor camat, kantor Polisi dan kantor Koramil. Sebelum itu harus ada bukti dari Kepala desa. Huss...
Setelah damai, hal yang demikian tidak lagi. Dan KTP nya sudah sama seperti foto di atas.

deeTha said...

wah,saya jg br mo bikin KTP baru neh.gr2 ktp lama dbawa kawan ntah kmana. wah..ribet dah..
oia,makasih yaa td dah maen ke dapur saya.. lam kenal..

kopisusu said...

Ya itulah endonesah...Mam...sedikit-sedikit UUD...sedikit-sedikit UUD... tapi saya bangga loh jadi warga negara endonesah...bisa ketemu Tempe, tahu sama Nasi Padang setiap hari...hueheheheh....

rahma said...

waktu aku urus KK plus 2 KTP 2 hari mbak tapi yg urus om aku cuman bayar ajah, kabarnya rafi gmn mbak?

mitora in life said...

ih memang mbaaaa...
sekarang mah kebanyakan urusan birokrasi tuh musti UUD :(

mZ.anGgIe said...

mang seribet itu yahhh...
ga pernah ngurus sendiri dink
hehehe....

Bunda Zua said...

Gak apa lah ma, yang penting kan udah punya KTP sekarang, walaupun ribet..
Gak mau kan, ketangkep kalo ada razia gara-gara gak punya KTP??

Mau dipijitin Zua?, mampir yuuk ke rumah kita...

Amelia Dewi said...

wak pindah ke makasar ya??
aku rencana mo hunnymoon kesana :D sekaian nengokin alm bapak (calon) mertua :)
doakan ya (duitnya terkumpul) huehehehehe

Mama Ben said...

hihihi....
ada2 aja yah...

btw dah ditangan kan ktp nya say?ntar diciduk loh hehe