Thursday, June 07, 2007

Yang khas dari Borneo

Setelah krg lebih 1 bulan disini tepatnya sejak mama rafi kecelakaan kmrn, Insya Allah besok nyai (nenek)-nya Rafi mau balik ke Palembang. Jadinya pas weekend kmrn kita hunting oleh2 buat nyai pulang kampung. Pusat oleh2 di Palangka Raya terletak di Jln, Batam. Saya sendiri setelah lebih dari 3 th berada disini ga pernah kesana paling cuma numpang lewat, alasannya barang2 yg ditawarkan disana gak begitu byk dibanding dgn yg ada di Martapura (Kalsel), jadi kalo mau cari oleh2 khas Kalimantan mendingan kesana karena harganya pun bs jauh lebih murah apalagi kalo jago nawar Tapi karena ga sempat ke Martapura akhirnya kita cari disini aja.

Setiap toko rata2 menawarkan barang2 yg serupa antara lain senjata khas dayak mandau, obat2an tradisional dr tumbuh2an, aneka kerajinan tangan seperti topi, tas, pajangan, bunga, dll. Hampir segala jenis pernak-pernik dari batu2an jg ada mulai dari kalung, cincin, gelang, liontin, ampe bros dan bentuknya pun ga kalah gaya ama karya designer perhiasan top. Yg pasti semuanya terbuat dari batu2an alam khas Kalimantan.Harganya pun beragam tergantung dari jenis batu dan proses pengerjaannya mulai dari ribuan rupiah untuk jenis batu2an biasa ampe jutaan untuk berlian. Dengan hanya Rp 10.000 saja kita dah bisa kok ngantongin 3 buah gelang batu cantik:)

Oiya batu yg paling khas dari suku Dayak Kalteng ini adalah batu lilis, saya lupa orang sini nyebutnya batu apa tapi yg jelas batu tersebut wajib dibawa saat acara lamaran bagi suku Dayak asli Kalteng sini biasanya sudah berbentuk seperangkat perhiasan. Syarat lainnya yaitu Ringgit sayang kmrn saya ga sempet foto. Kenapa jadi syarat wajib? Karena katanya zaman dahulu kala Ringgit melambangkan kesejehteraan bagi orang2 suku Dayak dan batu lilis merupakan batu yg paling indah. Harganya variatif bisa sampe 700rb tergantung keseragaman warna batu & ukurannya. Rata2 untuk ukuran sedang (seperti yg dicoba ama nyai) @kalung=300rb, @gelang=100rb. So.. sapa yg punya pacar orang Dayak dah mesti disiapin dari sekarang yah biar lamarannya sukses.

Selagi nyai sibuk pilih2 perhiasan mamanya Rafi malah asyik nyoba2 barang buat foto2 ceritanya jadi turis dadakan ampe Rafi pun ga luput dari kameranya mama :D yg penting heboh hehe..

Kurang lebih 2 jam keliling keluar masuk toko perut kita dah mulai keroncongan dan capek. Akhirnya kita mampir maem di Rumah Makan Dahlia yg ada di deket situ. Menunya bakar2kan khas Banjar, berhubung di Palangka ini byk org Banjarnya jd dari selera makan ampe bahasa pun rata2 ngikut org banjarmasin. Siang itu saya pesen udang bakar yang lainnya pesen ikan. Dibanding tempat makan lain sambal disini termasuk yg paling enak karena pedasnya pas plus ada asem2nya dikit. Lidah saya sendiri cukup kompromi dgn makanan daerah manapun apalagi kalo lagi laper sikaatt... ajah!

Habis maem kita masih jalan2 bentar trus pulang. Nyai dah ngantongin byk bgt oleh2 buat keluarga Palembang kebanyakan perhiasaan. Rafi ga kalah dapet gelang kayu pukah, katanya kayu ini berkhasiat nyembuhin berbagai penyakit, percaya ato ga terserah aja taunya Rafi tambah keren pake gelang itu kayak mamanya;;)

30 comments:

CempLuk said...

cempluk dibelikan oleh oleh gak ya ??hehehe..adek rafi lucu banget..jadi gemes saya..

joni said...

hehehe.. sambil cari oleh2, mama rafinya nyempetin mejeng juga. :P

gak ikutan mudik?

Hery Martono said...

Eh tahu ga??? Aku pengen udang bakarnya hehehe, dah lama aku ga makan udang bakar heuhuhuhu

sky said...

wiw, gelangnya cantik2 tuh,
kerasa kesan etnik gituh
huehehe

imgar said...

oleh-oleh ? belanja ?
wah..jadi pengen ke kalimantan..
:D

JALOE said...

aduhh kecolongan tuh postingan di bawah :D..btw gelangnya bagus2 itu batu asli atau dari mute sih mama rafi ?

- Nilla - said...

Waaahhhhh... Banyak barang bagus ternyata di Borneo! *secara aku belum pernah ke sana loh, Mbak! :P*

Btw, Mbak...
SB nya kenapa? Rada error gitu ya? :(

dodski said...

duuhhh acara nampang ala narsis memang nomer satu yah :D

Mama Rafi said...

@cempluk: mau oleh2 apa om kalung or gelang?;p
@Joni: maunya sih mudik trus tp lum bs neh :(
@hery: mau udang bakar mampir kesini dong..:D
@sky: emang ctk abizzz..
@imgar & nila: ayo buruan ke kalimantan:D
@jaloe: asli batu tuh om
@dodski : siipp...

ndy said...

mama rafi..
pesan gelangnya dong, untuk Ndy.
gratis kan?
hehehehhehee :p
salam utk Fauzy :D
loh kok Fauzy? Kali aja bisa gratis permata, gratis pernak pernik khas kalimantan. hehehehe

rime said...

mau kalungnya... :D

awi said...

duh senengnya belanja cendera mata. gelang dan kalungnya cantik-cantik deh. jadi pengen ke sana, thanks. lam kenal juga ya.

oO iNasHa Oo said...

ade rafi imutnyaaa. tembem.
aksesorinya cocok bgt bwat oleh".

*lam kenal juga mama rafi :)*

.inasha.

NiLA Obsidian said...

waaa.......mau dooongggg....aku kan koleksi asesoris kyk2 gituwww......gileee ngiler bgttt...Mom....

waduh Rafi ga mau kalah kyk mamanya niiyyy...xixixixi
aurel deh yg ngiri...:-)

Vie said...

Mama Rafi, mau dong dikirimin itu gelang2annya... hehe.
Aku bisa gila kalo datang kesitu kali ya, aku paling suka batu2an. Koleksi batuku yang ada cuma topaz, amber (yang ini banyak, malah ada amber yg keijo2an) dan emerald. Oya satu lagi ada banyak... batu kerikil. Kidding!
Haha.. Rafi pun jadi korban tuh.

Eniwei lam kenal juga ya, makasih atas kunjungannya.

angin-berbisik said...

wah jadi kangen ama kalimantan euy...dulu mamah saya suka banget borongin pernak pernik seperti itu...:P

dan emang udang bakar di kalimantan paling yahud..ya gedenya..ya enak nya :P

kepedihan said...

salam knal balik mamarafi...
wahh..si kecil gemesin bgt yah..
*jadi pengen cepet2 punya momongan neh ^^
*aku link yah mamarafi.. :)

Iko said...

Pesan satu donk mama...

unik2 kalung dan gelangnya...

mozha said...

wah si mama rafi... biz shopping niy keqnya...

huhuw... keqnya barang2nya interesting bgt tuh...

aku jg baru shopping d bandung td.. ;))

ari said...

iiiyhhh bagooouuusss.... mau kalung batunya...
sayangnya aku g punya tmn yg asal/tinggal di sono...

salam dr semarang...

mashuri said...

wah borong neh....

kepedihan said...

hehhee...
pake di tes kyk mo pidato...
bwt thx yah udah koment :)
oh iyah...
ni tampilan sutbuk nya emang gitu?
ko yg tampil cuman bawahnya aza :D
jadi bingung neh mo baca2/tulis sutbuk...
ato komp ku yg error yah? :-?

tari said...

wahhh...keren2 ya aksesorisnya. biasanya suka dibawain teman ternyata piihannya masih byk lagi..hmmm....boleh juga nih main ke Borneo...^_^

tari said...

mbak..shohutboxnya kayanya error deh...
btw, rafi senangnya buku ttg apa?Insya Allah kalo dah di Indo aja ya...soalnya ongkos kirimnya lumayan juga...biasalah mahasiswa mba.....:)
salam buat rafi..^_^

just Endang said...

ngiler niih ama kalung2nyaaa...

imgar said...

wah..udah sepuluh hari koq gak update..? tumben.. sibuk ya..?

osenk said...

aduh liat makananya mama rafi jadi tambah homesick,,, rindu nya dengan patin panggang, gangan asam, sakuang goreng... jadi ngiler :(~

nia said...

gelangnya bagus2.. :D jadi pengen..

met kenal yap.. :D

Farrell De Mohammad said...

ihhhh komentarku sama kayak mbak nia di atas..gelangnya bagus2 banget..mau dong dikiriminnnnn?????...hehehehe

Vina Revi said...

topi-nya mirip sombrero, ya?